Berbagi Praktik Baik: Pembatik Level 4 - 2023
Berbagi Praktik Baik Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK
bersama
Sahabat Teknologi Lampung 2023
Pernyataan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makariem yang mengatakan bahwa teknologi hanyalah sebuah tool yang hanya digunakan sebagai alat bukan penentu kualitas pembelajaran, karena kualitas pembelajaran tergantung dari interaksi antara guru dan peserta didik. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban guru untuk terus mengasah dirinya untuk mampu menantang diri melakukan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran tidak melulu berkaitan dengan pemanfaatan media digital, namun mengkreasikan antara model pembelajaran sangatlah penting. Apa pentingnya? Strategi pembelajaran merupakan kunci dari berhasil dan tidaknya proses pencapaian tujuan belajar.
Bicara tentang strategi pembelajaran, pemilihan model pembelajaran bukanlah hal mudah bagi guru. Model pembelajaran yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Beberapa contoh yang telah diterapkan di sekolah maupun saya bagikan praktik baiknya kepada rekan sejawat antara lain:
1. Berbagi Praktik Baik secara Luring dan Daring.
Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan memanfaatkan aplikasi Blockbench. Mengapa saya memilih dua model tersebut? Alasan saya adalah PjBL terintegrasi dengan STEM, karena integrasi kedua model tersebut mampu memunculkan kemampuan berpikir kritis dan logis pada peserta didi, mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna, serta peserta didik mampu membangun konsep dengan sendirinya. Aplikasi blockbench sendiri merupakan aplikasi untuk membuat animasi 3 dimensi yang mudah dan cepat digunakan serta ramah anak. Video dapat dilihat pada link vlog di atas dan video di bawah ini.
Video lengkap Berbagi Praktik Baik Kolatris: Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK.
2. Berbagi Praktik Baik Pemanfaatan Aplikasi Mathigon di Komunitas MGMP dan Penerapan di Kelas.
Pemanfaatan Mathigon untuk Praktik Pembelajaran Matematika. Mathigon sangat membantu kita, guru matematika untuk membantu menciptakan suasana menyenangkan dan pembelajaranb bermakna melalui praktek yang dapat dilakukan secara virtual. Peserta didik dapat membuat media peraga digital, dapat mengoperasikannya, dan dapat menemukan solusi dengan bantuan media digital. Sealin itu, fitur-fitur pada mathigon sangat menarik dengan kombinasi warna yang bervariasi sehingga membuat peserta didik senang menggunakan aplikasi tersebut.
https://www.instagram.com/reel/CnZCHQoqfnd/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
https://www.instagram.com/reel/Cn1g15rJEKq/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
3. Penerapan Praktik Baik: Praktik Matematika dengan Desmos.
Penggunaan aplikasi desmos dalam pembelajaran matematka. Desmos adalah platform pembelajaran dan pengajaran gratis, dan sekarang bagian dari Ampify. adalah kalkulator grafik canggih yang diimplementasikan sebagai aplikasi web dan aplikasi seluler yang ditulis dalam JavaScript. Aplikasi ini sangat membantu memudahkan peserta didik. Tentunya dengan menggunakan Desmos sebagai media membantu siswa dalam menggambar grafik dan mengidentifikasi gambar/grafik dengan lebih cepat. Jadi, dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Desmos adalah kalkulator grafik, dapat diakses secara online, (offline jika diunduh), yang dapat pula menampilkan grafik dua dimensi seperti grafik fungsi sederhana, persamaan dan, pertidaksamaan kuadrat, serta grafik trigonometri dan poligonal.
4. Penerapan Praktik Baik dengan Wizer.me
Pemanfaatan wizer,me untuk pembelajaran interaktif: Etnomatologi. Dengan tujuan untuk pembelajaran kearifan lokal, maka dalam hal ini saya mengajak peserta didik untuk menggunakan pembelajaran etnomatologi dengan memanfaatkan aplikasi wizer.me sebagai medai interaktif. Wizer .me digunakan untuk membuat modul, diskusi interaktif, untuk presentasi, dan untuk desain prototipe Siger yang akan mereka buat. Wizer,me dapat dengan mudah diakses secara gratis.
Untuk dokumentasi dapat dilihat pada link berikut ini:
https://www.instagram.com/p/CcFgRTHJUfd/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
https://www.blogger.com/blog/post/edit/1411837971624410332/2143228116028821490
Lembar worksheet wizer.me https://app.wizer.me/category/Math/3KH4I8-ayo-mengulik-marsela
5. Penerapan Praktik Baik di Kelas Pemanfaatan Geogebra udalam Pembelajaran Matematika
Pemanfaatan aplikasi Geogebra sudah sering saya berikan kepada peserta didik. Geogebra singkatan dari Geometry dan Algebra yang merupakan program komputer untuk membelajarkan yang dapat digunakan untuk membelajarkan materi geometri, aljabar, serta kalkulus. Pada topik kali ini, saya mengajak peserta didik untuk membuat desain menara siger dengan konsep geometri 3 dimensi menggunakan geogebra.
https://www.instagram.com/reel/Cn_NecuggSB/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
https://www.instagram.com/p/CcFgRTHJUfd/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
6. Praktik Baik Pembelajaran STEM bersama Rekan Guru di sekolah dan komunitas MGMP
STEM merupakan model pembelajaran yang menekankan pada hubungan pengetahuan dan keterampilan dengan science, technology, engineering, dan mathematics (STE/AM) untuk mengatasi masalah. Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk dapat berpikir lebih luas mengenai permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata. Itulah mengapa, pembelajaran STEAM dianggap sebagai model pembelajaran yang paling cocok untuk pembelajaran abad 21 ini. Lalu, bagaimana penerapan STE/AM dalam pembelajaran? Berikut langkah-langkahnya:
1. Ask (Menemukan masalah dan solusi)
Langkah pertama penerapan pembelajaran STEAM di kelas adalah siswa harus mampu menemukan masalah dan solusi. Untuk menemukan masalah, siswa harus mampu mengidentifikasi permasalahan atau kebutuhan di lingkungan sekitarnya.
Setelah menemukan permasalahan, siswa harus menetapkan kriteria dan batasan yang akan digunakan untuk merancang solusi yang tepat sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut.
2. Image (Membayangkan produk)
Langkah selanjutnya adalah image atau membayangkan produk. Dalam langkah ini, siswa dapat membayangkan produk yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan atau kebutuhan yang sudah ditemukan sebelumnya.
Untuk merancang atau menciptakan produk tersebut dapat dilakukan secara berkelompok. Dengan begitu, mereka bisa saling berdiskusi dan mencurahkan ide atau gagasan yang dimiliki. Misalnya, bagaimana desain produknya, cara kerja produk tersebut, dan cara membuatnya.
3. Plan (Perencanaan produk)
Setelah membayangkan produk, pada langkah ini siswa sudah dapat mewujudkan produk yang akan digunakan sebagai solusi dari permasalahan yang sudah diidentifikasi sebelumnya. Siswa dapat menuangkan wujud dari produk tersebut dalam bentuk sketsa atau gambar yang lengkap, mulai dari bentuk, ukuran, label, hingga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mewujudkan produk tersebut secara nyata.
4. Create dan improve (Membuat dan melakukan uji coba produk)
Langkah terakhir, siswa dapat membuat produk yang sudah direncanakan sebelumnya. Jika sudah selesai, lakukan uji coba produk apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan atau belum.
Jika ternyata ditemukan kekurangan pada produk, siswa dapat melakukan perbaikan dan penyempurnaan produk hingga sesuai dengan standar yang ditetapkan. Apabila ingin mengetahui penerapan pembelajaran STEM dapat dilihat pada link berikut ini:
1). Diseminasi Pembelajaran Inovasi dengan STEM di komunitas guru
Diseminasi dengan guru SMP secara Luring:
Diseminasi dengan guru SD secara Daring:
https://www.instagram.com/p/CgGF1GFJIr8/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
2). Diseminasi Pembelajaran Inovasi dengan STEM di MGMP
https://www.youtube.com/watch?v=jdYcaxL0Ch4&t=427s
https://www.instagram.com/p/ChE2vrNp8LS/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
3). Praktik Baik Pelaksanaan Pembelajaran STEM di Sekolah
7. Praktik Baik IKM dan Pemanfaatan PMM di sekolah:
https://www.instagram.com/p/CgE4-NiJb5A/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
https://www.instagram.com/reel/CvQvY5OAkHw/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
https://www.instagram.com/reel/CvXh95UJwVz/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
https://www.instagram.com/reel/CvhfyCsJkPN/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
Demikian coretan saya tentang berbagi praktik baik yang telah saya lakukan, apabila ingin melihat praktik baik saya yang lain dapat berkunjung ke channel youtube dan akun instagram saya berikut ini:
https://www.youtube.com/channel/UCLQcz4120gW0P4aNb3nSLqA
https://instagram.com/setianagregorius?igshid=MzMyNGUyNmU2YQ==
link blog kedua http://www.ms-nana.com/
Comments
Post a Comment